Peran Accounting Perusahaan, Sebagai Penyedia Informasi Keuangan dan Membantu Stakeholders Mengambil Keputusan

Peran Accounting Perusahaan, Sebagai Penyedia Informasi Keuangan dan Membantu Stakeholders Mengambil Keputusan. Accounting memiliki peran yang sangat penting dalam suatu perusahaan, Akuntansi adalah suatu proses pencatatan, peng-identifikasian, penggolongan atau pengklasifikasian, pelaporan dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi, perusahaan atau entitas. Fungsi utama akuntansi ialah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan suatu organisasi berserta perubahan yang terjadi di dalamnya.  Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang, karena informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh manager atau manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

Accounting atau dalam bahasa indonesia Akuntansi sangat penting untuk sebuah perusahaan yang kuat, melacak keuangan Bisnis dan profitabilitas yang terus menerus. Tanpa akuntansi, pemilik bisnis tidak akan tahu apa uang itu masuk atau keluar, atau bagaimana merencanakan masa depan. Tindakan yang diambil oleh pekerja akuntan profesional dari pemegang buku untuk akuntan publik bersertifikat (CPA), memonitor status keuangan perusahaan dan memberikan laporan dan proyeksi yang mempengaruhi keputusan organisasi.

Peran Accounting Perusahaan

Peran Accounting Perusahaan

Untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Pencatatan harian yang terlibat dalam proses ini dikenal dengan istilah pembukuan. Akuntansi keuangan adalah suatu cabang dari akuntansi dimana informasi keuangan pada suatu bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan, dan dikomunikasikan. Auditing, satu disiplin ilmu yang terkait tapi tetap terpisah dari akuntansi, adalah suatu proses dimana pemeriksa independen memeriksa laporan keuangan suatu organisasi untuk memberikan suatu pendapat atau opini – yang masuk akal tapi tak dijamin sepenuhnya – mengenai kewajaran dan kesesuaiannya dengan prinsip akuntansi yang berterima umum.

Sebagai Penyedia Informasi Keuangan

Peran akuntansi dalam perusahaan yang paling mendasar tentu saja adalah kemampuannya dalam menyediakan berbagai informasi dan jawaban yang berhubungan dengan segala macam kegiatan keuangan. Segala data terkait keuangan akan tercatat dalam sistem akuntansi, memudahkan Anda dan karyawan untuk mengukur kondisi perusahaan. Untuk itu, sebaiknya Anda menyusun pembukuan dan rutin meng-update datanya. Hal ini akan lebih mudah dilakukan apabila Anda menggunakan software khusus seperti Sleekr Accounting yang sudah menerapkan sistem cloud. Dengan begitu, setiap karyawan atau tim akuntansi bisa mengakses data akuntansi secara real time kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Sebagai Pengendali Keuangan

Melalui akuntansi, Anda dapat mengetahui segala data terkait keuangan. Dari data tersebut, informasi apa saja yang Anda dapatkan? Apakah ternyata keuntungan perusahaan mengalami peningkatan selama beberapa tahun belakangan ini? Atau justru malah mengalami penurunan? Apakah seluruh klien telah melakukan pembayaran tepat waktu? Berapa jumlah saldo yang Anda miliki sekarang? Informasi-informasi tersebut secara tidak langsung menempatkan akuntansi sebagai alat pengontrol dan pengendali keuangan. Melalui identifikasi informasi keuangan yang didapat, Anda jadi bisa melakukan evaluasi atau menilai performa bisnis Anda selama ini.

Membantu Stakeholders Mengambil Keputusan

Berkat adanya hasil identifikasi dan evaluasi informasi keuangan, stakeholder atau para pemegang saham dapat melakukan pengambilan keputusan. Hal ini sangat masuk akal mengingat bahwa stakeholder tidak bisa melakukan investasi tanpa adanya informasi finansial yang up-to-date dan akurat. Dalam hal ini, akuntan lah yang menyiapkan segala informasi terkait. Lebih penting lagi, akuntan juga harus memastikan bahwa stakeholder memahami data keuangan yang disediakan perusahaan. Kedua belah pihak harus bekerja sama memanfaatkan informasi keuangan untuk menangani berbagai masalah dalam bisnis.

Berhubungan dengan Pihak Ketiga

Dari berbagai penjelasan di atas, ada satu poin yang perlu di-highlight, bahwa akuntansi tidak selalu berhubungan dengan ranah internal perusahaan, tetapi juga pihak ketiga di luar perusahaan. Stakeholder mungkin dapat menjadi salah satunya. Namun, akuntansi, lebih tepatnya lagi para akuntan, dapat menjadi jembatan untuk melakukan deal dengan vendor atau pihak-pihak ketiga lain. Berdasarkan data keuangan perusahaan, akuntan bisa memutuskan apakah harga yang ditentukan sudah masuk akal atau belum. Tidak hanya itu, seorang akuntan juga bisa menjadi penghubung antara perusahaan dengan pemerintah untuk membayar pajak dan para auditor.

Perusahaan Jasa Accounting

PT. Arkimco Duta Karya sebagai perusahaan outsoursing merupakan perusahaan HR Management dan Business Services yang dikelola oleh para professional di bidangnya masing-masing. Dengan motto Partner Solusi Dalam Berkarya PT. Arkimco Duta Karya Selalu mengedepankan kebutuhan klien dalam menjalankan businessnya.

PT. Arkimco Duta Karya mempunyai staff pengalaman dalam menyiapkan laporan keuangan yang berdasarkan pada prinsip-prinsip dan prosedur akutansi Indonesia.Kami mengerti terhadap peraturan-peraturan dan pajak yang berlaku.Kami menawarkan penyelesaian secara professional dengan effisien dan efektif pada setiap klien kami.

Perusahaan Jasa Accounting

Jasa Accounting yang ditawarkan dalam hal ini termasuk  pembukuan, rekapitulasi financial statement dan corporate accounting services. Pelayanan yang kami berikan sesuai dengan standard accounting, seperti SAK dan peraturan yang lainnya

  • Pembukuan Accounting meliputi antara lain :
  • Menetapkan bagan accounting di bisnis pelanggan
  • Pencatatan transaksi accounting harian, mingguan dan bulanan.
  • Pencatatan kessesuaian accrual accounting setiap akhir periode accounting.
  • Memelihara general ledger dan sub ledger supaya general ledger tersebut balance.

Compilation services meliputi antara lain :

  • Laporan keuangan berdasarkan peraturan  di Indonesia.
  • Merubah laporan keuangan sesuai dengan kebutuhan kantor Pusat.
  • Menyiapkan Laporan keuangan berkala yang sesuai dengan pengelolaan business klien.
  • Menyiapkan laporan keuangan ke kantor pusat.
  • Menyiapkan  pajak bulanan, kwartalan dan atau tahunan.
  • Memperbaiki tingkat ketepatan dan kebenaran laporan keuangan

PT. Arkimco Duta Karya melayani permintaan jasa accuonting untuk berbagai bidang perusahaan di Indonesia

Banjar Wijaya Rental Fotocopy Fiberglass